Senin, Juni 15, 2009

Best my experience "Mading"


Kali ini gw mau nampilin mading hasil karya gw di blog ini.. meskipun tulisannya nggak mungkin ke baca, tapi bisa keliatan bentuknya, mading ini hasil karya gw n temen-temen gw, yang tentunya udah jadi juara mading. Meskipun Cuma tingkat kabupaten.

Kayak mading di atas, ini adalah mading becek yang jadi juara satu di Lab’school cinere, dalam acara Greations Of Flames, mading yang satu ini, gw namain mading becek karena emang tema dalam pembuatan mading ini adalah BANJIR, jadi isi keseluruhannya seputar banjir, kurang lebih dalam mading kali ini, gw isi sama 11 rubrik, atau 11 jenis tulisan yang berbeda. Tentunya masukin 11 jenis yang berbeda di dalam satu mading ukuran 60x80 cm, nggak gampang, mesti bener-bener di ukur dan di sesuaiin setiap isi bacaan.. emang sich.. keliatannya mading ini biasa aja, tapi udah terbukti mading ini bisa jadi yang terbaik.. cara gw bikin mading ini jadi yang terbaik adalah, masukin seberagam mungkin rubrik/jenis bagian. Dan nggak lupa juga keberagaman warnanya juga gw tonjolin.. dan ada juga sedikit efek 3D, tapi nggak terlalu banyak, soalnya kalau terlalu nonjolin 3D udah pasti bahan bacaannya bakalan berkurang. Crew mading ini ada 3 orang, yaitu gw, dahlia n alfa. Meskipun Cuma 3 orang, tapi kelompok gw ini punya genre yang berbeda, alfa, paling jago gambar, kartun dan semua ilustrasi yang ada di situ dia yang buat, dahlia yang ngatur penempatannya dan nulis tangan sebagian besar dari tu mading, karena tulisannya bagus dan die juga sering ngeluarin ide-ide brilian dalam pengembangan bentuk. Sedangkan gw.. Cuma bisa mandorin.. gw yang bikin konsep awal dari ni mading, dari mulai nentuin bentuk, ukuran, layout dasar, sampe bahan, semuanya gw yang ngatur, nah kalau semua konsep udah tertata, gw tinggal nyuruh-nyuruh doank, cozz… tulisan tangan gw jelek, kayak teks proklamasinya bung karno, malah lebih ancur.. dan untuk lomba mading ini harus murni tulisan tangan.. jadi ya.. di mading ini gw berperan sebagai pembuat konsep.

Di bawah ini ada mading BATIK (Babelan Jurnalistik). Ini pertama kalinya gw ikut lomba mading, jadi judul sama isinya kurang sesuai.

tema pada pembuatan mading kali ini adalah Bahasa dan Sastra, tapi gw malah ngasih nama yang nggak ada nyambung-nyambungnya. Meskipun isinya seputar bahasa dan sastra, tapi karena nggak sesuai sama judul ya.. otomatis juga ngurangin nilai.. kalau mading yang satu ini, yang bikin lumayan banyak, gw, dahlia, alfa, tiwa, achi, reza n iduy.. meskipun orangnya banyak, yang bener-bener ngerjain Cuma gw, alfa, dahlia, n tiwa, yang lainnya Cuma nambah-nambahin doang.. apalagi iduy Cuma ikut ngerecokin doank.. mading ini di bikin waktu ada lomba di IIBS (Internasional Islamic Boarding School) di cikarang. Ukuran mading ini 90x120 cm. dua kali lebih gede dari mading becek. Tapi karena waktu itu belum berpengalaman, jadi Cuma keisi sama 9 Rubrik, karena masih banyak rubric yang di pasang ganda. Dan kalau kayak gitu nggak akan dapet nilai tinggi, apa lagi judul madingnya nggak sesuai, tapi karena tampilannnya menarik, dan isinya padet bgt.. jadi bisa menang dech.. lumyan, dapet juara 2.

Gw bikin mading ini dari jauh-jauh hari, satu minggu sebelum acara udah mulai di rancang, sempet gonta-ganti konsep, gonta-ganti background, juga rombak isi.. pokoknya mading yang satu ini makan tenaga ekstra bgt dech..

waktu di IIBS Hari H-Nya bikin ni mading, buat gw pengalaman yang cukup seru, kurang labih ada 30 mading yang ikut serta, pesertanya juga bejubel, gw ngerjainnya di koridor IIBS, karena bahannya di bikin udah lumayan lama, jadi di sana tinggal nyusun n nambahin judul doank.. karena gw yang bikin konsep dan bahannya, jadi gw udah kerja dari seminggu sebelumnya, dan wakt hari H, gw tinggal santai-santai duank, tinggal si alfa n dahlia yang sibuk.. dan yang lebih gokil lagi si iduy, temen gw yang satu ini emang rada gila, dy ini orang yang super eksis, di setiap ekskull ada dy, dari mulai futsal, PMR, sampe Jurnalis juga die ikut, tapi Cuma ikut-ikutan, waktu di IIBS aja, bukannya bantu ngerjain mading, malah ngegodain cewek yang lewat.

n usaha tim gw waktu itu nggak sia-sia, karena bisa jadi juara 2. Yang ngeselin lagi Waktu ngambil piala, si iduy lagi-lagi so eksis, maju ke depan ngambil piala.. mungkin emang itu fungsinya die ada di sini, Cuma ngambil piala. Karena doi udah nyelak untuk ngambil piala, jadi pas pulang, die gw suruh gotong mading yang ukurannya 90x120cm.. nah gw yang moto.. nggak bakal mau gw kalo suruh gotong-gotong meski menang sekalipun.. Hehehe...


My experience...

jangan lupa kasih koment ya..



5 komentar:

tree... mengatakan...

bagus y...........

MEY mengatakan...

keren !!!!!!!!!!!!!
:X

Ismi mengatakan...

bsa bgi2 pngalamanx seputar mading n dunia jurnalistik gak????
mhon bntuanx ea...
:)

irfansyah mengatakan...

bisa.. lebih enak langsung k FB aja.. kalau comment di sini.. nggak ke tauan..

Anonim mengatakan...

bgus bgt

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

untuk menggunakan emotion di bawah, silakan masukkan kode di samping emoltion.

Template by : kendhin x-template.blogspot.com