Sabtu, Oktober 08, 2011

PERTAMA KALI MENGENAL INTERNET

Pertama kali mengenal internet, bagi saya adalah ketika saya duduk di bangku kelas 3 SMP tahun 2006-2007, saat itu saya mendapat tugas mencari artikel sepak bola, untuk di jadikan klipping mata pelajaran olahraga (penjaskes), bisa dibilang itu adalah tugas akhir mata pelajaran tersebut. Saat itu tentu saya tidak memiliki internet, selain karena belum terlalu akrab dengan komputer, saat itu juga hanya beberapa handphone yang harganya di atas 1,2 juta, yang memiliki fasilitas gprs untuk koneksi ke internet. Maklum, dulu Cuma mampu beli handphone yang harga 800rb.. yang hanya bisa untuk sms dan telephone. Tidak seperti jaman sekarang, HP 200rb sudah lengkap dengan fasilitas internet, kamera, music dll..

Kembali lagi pada topik utama, pertama kali menggunakan internet, saya masih ingat untuk pertama kalinya saya datang dan duduk di satu tempat yang biasa dikenal sebagai warnet (warung internet). Saat itu karena saya takut tidak bisa mengoperasikan internet, (karena bagi saya saat itu internet merupakan sesuatu yang rumit). Saya mengajak salah satu teman saya, lebih tepatnya senior, yang sudah lebih dulu bercengkrama dengan internet. Saat pertama kali membuka komputer, saya memperhatikan dengan saksama, bagaimana sistem atau cara kerja dari sewa internet ini, karena yang saya kenal pada jaman itu adalah sewa playstation, yang biasanya pemilik rental menyalakan tv dan kemudian memasangkan timer, dan jika waktunya habis, maka tv akan mati. Saya pikir demikian juga dengan komputer. ternyata saya salah, begitu saya dan teman saya duduk di depan komputer, komputer di nyalakan, dan keluar aplikasi yang biasanya terdapat pilihan personal, paket, game, dll... dan tentu karena tidak tahu kebutuhaannya, atau sesuai artikel yang di cari, maka saya pilih personal.

Dan langsung saya dikejutkan oleh satu tampilan halaman, yang sampai saat ini di kenal dengan mbah google. Di search engine google, saya mulai mengetikkan kata kuncinya yaitu “SEPAK BOLA” tentu, melihat ke keyboard, dan mencari atau lebi tepatnya menerawang satu demi satu papan keyboard, tombol mana yang berisi key S – E – P – A – K – B – O – L - A . setalah saya ketikan kata kunci, langsung saya pilih GO.. dan saya sangat terkesan dengan INTERNET dan mbah GOOGLE. luar biasa, hanya dalam hitungan detik, informasi yang kita butuhkan bisa didapat. Dan berbagai foto dan profil berbagai pemain sepak bola juga tampil di sana. Sungguh sangat luar biasa.. bayangkan jika beberapa artikel harus di cari di koran, berapa jam waktu yang di butuhkan untuk mencari profil pemain sepak bola. Dan pada saat itu juga saya belajar mengcopy – paste dari internet ke lembar kerja ms word. Karena sebelumnya saya hanya mengenal copy paste di ms word, ternyata bisa di gunakan di berbagai media. Dan pastinya sangat bermanfaat. Setelah seluruh artikel saya kumpulkan dan di simpan ke dalam disket (saat itu flashdish masih jarang, untuk 500mb, harganya lebih dari 100rb). Dan setelah di simpan, saya memberikan disket kepada pemilik warnet, atau sever atau jaman dulu saya taunya kasir. Di sana saya semakin terpesona, bagaimana bisa dia mengetahui, bahwa saya sudah bermain selama 1 jam 20 menit, aplikasi yang menurut saya luar biasa, dan inilah yang di sebut jaringan komputer. dan luar biasa besar menfaatnya untuk dunia belajar mengajar.

Demikianlah sedikit cerita dari saya untuk pertama kalinya berkenalan dengan internet. Tentu kesan pertama yang saya dapat saat itu adalah 1 hal.. “ketagihan dan ingin coba lagi”. Saat itu juga saya sempat kepikiran, siapa orang yang mau repot-repot menulis bebagai artikel sampai tersedia ribuan halaman di mbah google. ternyata sekarang saya tau, bahwa yang mau repot-repot menulis adalah “mahasiswa” yang mendapatkan tugas bermacam-macam dan harus di publis atau di posting. Setelah pertama kali menggunakan internet, semakin lama saya semakin sering bercengkrama dengan internet, juga dengan komputer dan berbagai aplikasi, sehingga membuat saya tertarik dan ingin belajar, bagaimana aplikasi-aplikasi yang saya gunakan selama saya SMA bisa bekerja, sehingga membuat saya tertarik dengan bidang komputer, dan masuk jurusan TEKNIK INFORMATIKA. Dan setalah masuk kuliah saya baru menyadari, ternyata membuat aplikasi tidak sesederhana menggunakannya. Namun di sanalah tantangannya, tentu jika saya bisa handal di bidang programming dan IT, akan membuat saya sangat bangga. Karena di masa sekarang ini, terutama orang indonesia, kelihatannya sangat bangga ketika sudah mahir menggunakan sebuah aplikasi atau menamatkan suatu game. Kalau penggunanya saja merasa bangga, apalagi pembuatnya. Hmmm... luar biasa bangga bukan.

0 komentar:

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

untuk menggunakan emotion di bawah, silakan masukkan kode di samping emoltion.

Template by : kendhin x-template.blogspot.com