Sabtu, Oktober 08, 2011

Dampak Negatif dan Positif Sosial Media "facebook"

Sosial media, saat ini semakin berkembang pesat, seperti facebook, twitter dll.. dan diantara semuanya yang paling mendapat antusias besar adalah facebook. Selain sebagai media social pertemanan, facebook juga kerap kali di gunakan sebagai media iklan pemasaran barang, media jual beli secara online.. di karenakan penggunaannya yang begitu luas dari berbagai kalangan, mudah di akses, dan friendly tentunya. Hal tersebut Memberikan gagasan terhadap pengusaha online untuk memasarkan barang dagangan mereka di facebook. Tentu dengan berbagai cara, bagi mereka yang punya cukup modal advertising, biasanya memasang iklan bebayar yang akan tampil di sidebar facebook. Dan bagi mereka yang tidak ingin mengeluarkan biaya iklan, bisa melakukan pemasaran dengan cara tag foto produk terhadap setiap teman yang tergabung di facebook. Tentu dengan cara seperti ini, notifkasi akan tercantum, sehingga ketika membuka facebook, seseorang akan langsung tertuju pada foto tersebut dan langsung melihat produk yang di tawarkan, terkadang cara ini cukup ampuh namun, seringkali cara ini, mengganggu privacy pengguna facebook.

penggunaan sosial media untuk dunia bisnis, tentunya melahirkan dampak negatif dan positifnya, dampak negatifnya adalah banyaknya penjual nakal yang menjual produk tidak sesuai dengan barang yang di tawarkan, atau tidak sesuai dengan foto yang ada di facebook. Dan yang lebih parah lagi adalah penipu yang mengaku menjual barang, namun setelah di transfer , barang tidak di kirim. Tentu kedua hal ini akan memperburuk citra bisnis online. Sehingga membuat pelanggan kapok untuk melakukan jual beli secara online.

Dampak positifnya, adalah meningkatkan rasio penjualan secara online, karena informasi yang cepat dan tepat, memancing banyak konsumen, dan tentu ada dampak baiknya juga untuk perekonomian, atau minimalnya dengan banyakanya pedagang online dari berbagai jenis padagang yang memperkenalkan produknya, membuat kita lebih tahu mengenai informasi harga. Membuat wawasan kita lebih luas mengenai produk-produk terbaru. Entah itu gadget, atau yang lainnya.

Selain dari sisi bisnis dampak positif dan negatif juga terlihat dari sisi sosial. Dari sisi sosial tentu saja dampak positifnya membuat hubungan seseorang antara yang satu dengan yang lainnya lebih terjalin dengan baik, meskipun jarak jauh membentang, tapi kita bisa mengetahui bagaimana kehidupan kawan kita tersebut, dari update statusnya, dari foto-foto yang di upload, dan dari percakapan kita melalui wall ataupun chat. Dan sisi negatifnya, adalah anak muda yang terkadang terlalu menjadikan sosial media sebagai teman sepanjang hari, di tambah dengan akses internet unlimited yang semakin murah membuat seseorang tidak ragu untuk menggunakan internet unlimited. Seakan handphone yang di pegang adalah teman satu-satunya, hal tersebut tentu akan mengganggu produktivitas seseorang, karena waktunya hanya di habiskan untuk bercakap-cakap dan melihat aktifitas teman-teman onlinenya.

0 komentar:

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

untuk menggunakan emotion di bawah, silakan masukkan kode di samping emoltion.

Template by : kendhin x-template.blogspot.com