Minggu, September 26, 2010

Semua tentang 'EKONOMI' juga ada di sini..


Demi melengkapi blog ini, saya kembali menulis, dan kali ini berlabel ekonomi. Meskipun sebenarnya saya sedang tidak ada ide. Tapi saya yakin ketika tulisan ini mulai di ketik, akan ada berbagai ide yang muncul di tengah tulisan, karena memang itulah karya saya.. hihihi…

Ekonomi, kenapa harus ekonomi..? alasannya sederhana saja, Karena saya begitu terobsesi dengan yang namanya ilmu ekonomi, sejak pertama saya masuk SMA saya sudah mengikrarkan diri, bahwa suatu saat nanti saya harus menjadi seorang ahli ekonomi. Bahkan saat hendak mendaftar ke kampus, saya mengambil formulir jur ekonomi. Tapi ternyata Allah berkehendak lain.. saya mendapat petunjuk untuk masuk Jur Teknik Informatika. Dan inilah yang terjadi sekarang.

Ilmu ekonomi, sudah saya sukai sejak menginjak bangku SMA, meskipun saya berasal dari jurusan IPA, tapi justru saya lebih sering membaca buku ekonomi dari pada buku mengenai pelajaran IPA itu sendiri, bagi saya ilmu ekonomi sangat menarik, sederhana saja, semua anak di sekolahkan oleh orang tuanya, sampai setinggi mungkin, dengan harapan suatu hari nanti anak mereka bisa menjadi orang yang sukses, berpenghasilan lebih dari cukup, dan hidup mapan. Kata ‘mapan’ baru bisa di sandingkan kalau seseorang sudah memiliki uang yang cukup banyak, dan uang merupakan objek utama ilmu ekonomi. Jadi setiap orang sebenarnya sangat erat kaitannya dengan ilmu ekonomi, karena setiap orang butuh yang namanya UANG. Secara garis besar ilmu ekonomi di bagi menjadi dua, Ilmu ekonomi MIKRO dan ilmu ekonomi MAKRO, ekonomi mikro membahas mengenai sector kecil perekonomian suatu negara, misalnya saja mengenai perdagangan, kelangkaan, tingkah laku konsumen, dll. Sedangkan ekonomi makro, mencakup stabilitas ekonomi, inflasi, tenaga kerja, dll. Dan saya lebih menyukai ekonomi mikro, dan dari ilmu ekonomi mikro memiliki bahasan tersendiri mengenai Management ekonomi. Dan management ekonomi di khususkan lagi penjurusannya menjadi management produksi, management SDM, management saham, dan Management pemasaran, dan management pemasaran- lah yang paling saya sukai. Jadi mungkin posting untuk label ekonomi akan di isi oleh posting seputar management pemasaran. Tapi tidak menutup kemungkinan ada yang lain. Tergantung mood.. hihihi…

Beberapa buku mengenai ilmu ekonomi, telah saya baca, dari mulai buku yang membosankan, yaitu buku pelajaran siswa SMA kelas 1-2 yang saya pinjam dari teman saya yang jurusan IPS, buku ekonomi mikro untuk mahasiswa semester 1, yang kebanyakan saya kurang mengerti mengenai kurva-kurva, ekonomi Management untuk mahasiswa semester 1, berbagai buku seputar rahasia bisnis berbagai bidang (termasuk cakupan ekonomi ni..) dan yang terakhir adalah buku kumpulan pikiran Aburizal Bakrie yang berjudul Merebut Hati Rakyat, dan sungguh sebagai Rakyat, hati saya telah di rebut oleh pemikiran-pemikiran Aburizal Bakrie yang sangat luar biasa. Mungkin terlalu panjang kalau saya sampaikan di sini mengenai buku tersebut, mungkin di lain postingan yang isinya berupa bedah buku secara singkat.

Ketertarikan saya terhadap ilmu ekonomi, mendasar pada jiwa saya yang memang keturunan seorang pedagang. Jadi pemikiran bisnis yang melekat di otak saya cukup kuat. Dan saya pernah berpikir, bahwa ada begitu banyak pengangguran di negeri ini, lalu bagaimana menanggulanginya..? ketika duduk di bangku SMA saya berpikir secara logis, tanpa refrensi apa pun, bahwa untuk mengurangi pengangguran, maka harus memperbanyak pengusaha kecil di negeri ini, agar para pengangguran itu bisa terserap menjadi tenaga kerja. Karena kebanyakan pengangguran adalah karena mereka tidak memiliki skill secara akademis, dan sulit untuk di terima di perusahaan, lalu apa yang bisa merekrut mereka kalau bukan usaha kecil..? Dan ternyata pemikiran saya itu real. Pada tahun 2009 menjadi tahun titik tolak, pengusaha muda kecil menengah beraksi, ternyata begitu banyak pemuda Indonesia yang menjadi pengusaha kecil-mengengah, sampai-sampai 10 orang indenesia masuk best young enterpreneur of asia. Dan itu merupakan prestasi yang sangat luar biasa, ada konsep dari HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) menyatakan bahwa untuk menanggulangi pengangguran di negeri ini. Indonesia membutuhkan 2% dari jumlah penduduk untuk menjadi pengusaha, 1 pengusaha, minimal merekrut 2 tenaga kerja, syukur-syukur kalau lebih. Dengan begitu maka tidak ada lagi pengangguran di negeri ini. Hebat bukan..? tapi sayangnya sampai saat ini baru ada 0,2% pengusaha dari seluruh jumlah penduduk. Harus kerja lebih ekstra untuk meningkatkannya menjadi 10 kali lipat..

Jumlah pengangguran di negeri ini, setiap tahun semakin meningkat, saya pun pernah berfikir, mungkin suatu saat nanti saya akan menjadi salah satu dari yang menganggur itu.. ckckck.. nambah-nambahin beban pemerintah aja, oleh karena itu sebagai solusi, saya harus lebih banyak belajar mengenai ekonomi, dan harus punya persiapan ladang usaha, jikalau saya menjadi pengangguran nanti. Dan Alhamdulillah karena sejak SMA saya sudah berpikir demikian, sehingga sejak SMA saya sudah memulai berwirausaha, dan sampai saat ini saya masih menjalankan bisnis saya di bidang industry kreatif. Dengan label Creative Muda CV, terlepas dari bisnis saya, senantiasa saya akan berbagi ilmu mengenai management pemasaran dan beragam strategi bisnis.. dan kita bisa share sama-sama di sini..

0 komentar:

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

untuk menggunakan emotion di bawah, silakan masukkan kode di samping emoltion.

Template by : kendhin x-template.blogspot.com