Jumat, September 24, 2010

Gunadarma University


Gunadarma, merupakan tempat lanjutan untuk saya menuntut ilmu ke jenjang yang lebih tinggi. Dan minggu ini adalah minggu pertama saya kuliah di Universitas Gunadarma. Dan merupakan langkah awal saya, sebagai mahasiswa teknik informatika.
Teknik Informatika bisa di bilang jurusan paling favorit di Gunadarma, lebih lagi yang ada di dalamnya haruslah jurusan IPA di SMA. Sehingga menambah gengsi tersendiri pada jurusan tersebut. Tapi meski demikian, bukan berarti di dalamnya terdiri dari orang-orang yang cerdas dan jenius. Karena banyak juga di antara mahasiswa jurusan teknik informatika, yang masuk ke jurusan ini bukan karena tau dan mengerti maksud dan tujuannya. menurut pandangan saya, kebanyakan dari mereka masuk ke jurusan tersebut karena di ajak teman, di suruh orang tua, karena hoby online, karena suka main game, atau karena suka utak-atik computer. Memang hal tersebut di butuhkan oleh mahasiswa teknik informatika, untuk menunjang kecintaan mereka terhadap bidang teknik informatika. Tapi jarang di antara mereka yang mengerti nanti ke depannya mereka mau jadi apa..? harus bagaimana..? mampukah mereka unggul di bidang ini..? dan setelah minggu pertama dosen masuk, dan menjelaskan berbagai hal tentang system belajar, masa depan dan hal lainnya mengenai IT. Barulah mereka paham apa itu bidang IT dan akan menjadi apa mereka seetelah lulus dari Gunadarma.
Demikian juga saya,yang mendapatkan wawasan lebih luas mengenai dunia Informatika, dari pengenalan para dosen. Terus terang, saya sendiri pun sebenarnya tidak sepenuhnya meniatkan diri dari SMA untuk melanjutkan kuliah di jurusan teknik informatika. Ketika SMA saya lebih ingin mengambil jurusan Management Ekonomi. Mempelajari berbagai hal tentang ekonomi. Dan menjadi ahli di bidang ekonomi. Saya begitu terobsesi dan begitu sangat ingin menjadi seorang ekonom handal, karena saya ingin menjadikan perekonomian Indonesia lebih baik lagi. Dan kebetulan orang tua saya adalah seorang wirausaha. Sehingga saya sudah mengenal dunia usaha sejak kecil dan saya sangat menyukai dunia bisnis. Bahkan ketika mengambil formulir di gunadarma, dan di Tanya mau ambil jurusan apa..? terus terang saya bilang “jurusan ekonomi management” dan saya sudah menyiapkan diri menjadi seorang mahasiswa ekonomi di gunadarma dan membayangkan diri saya menjadi seorang ekonom handal suatu saat nanti. Tapi ternyata Allah berkehendak lain, satu hari sebelum formulir di kumpulkan, saya shalat istikharah, dan saya mendapatkan petunjuk dari Allah, untuk masuk ke jurusan Teknik Informatika. Seharian saya memikirkan petunjuk yang Allah berikan tersebut. Hati saya begitu ragu. Karena sejak duduk di kelas 1 SMA meskipun saya jurusan IPA, tapi saya selalu mempelajari pelajaran ekonomi dan hal2 lainnya yg berhubungan dengan informasi perekonomian di negara ini. Yang membuat saya ragu adalah, benarkah itu petunjuk dari Allah..? kalau memang benar, apakah saya mampu melanjutkan kuliah di teknik informatika..? bisakah saya belajar program..? mampukan saya merangkai dan membangun satu program, yang bagi saya saat itu rangkaian kodenya “ngejelimet”, “ribet”, “ruwet”. Di tambah lagi tingkat ketelitian saya kurang baik. Karena sewaktu SMA, saya membuat blog pribadi dengan HTML yg saya rombak total.
Dan saya ambil berbagai refrensi dari internet untuk membangun blog template saya sendiri. Saya sadari saya mampu melakukannya. Tapi saya merasa Ruwer, mumet, dan cukup kesulitan, karena ada kurang satu tanda / (slash) maka program tidak bisa di compile.. ckckck.. dan karena kecerobohan saya, hal tersebut terjadi berulang-ulang kali. Sehingga berpedoman dari pengalaman saya, saya rada takut masuk “teknik Informatika” saya khawatir tidak bisa mengikuti pelajaran, karena kecerobohan saya, dan kurang telitian saya. Saya takut jika hanya menjadi orang biasa suatu hari nanti, karena saya begitu bercita-cita menjadi ahli ekonomi yg bisa bermanfaat bagi orang lain. Dan saya juga sudah banyak membaca artikel dan buku mengenai ilmu ekonomi. Dan saya yakin kalau saya di jurusan ekonomi, pasti dengan mudah saya bisa dapat IP lebih dari 3 bahkal lulus dengan cumlaude (bukan takabur, hanya optimis dan harapan). Dan begitu saya melihat jurusan teknik informatika, saya rada gemetar.. bisa apa saya nanti, jangan-jangan hanya akan dapat IP 2.0 tapi saya meyakinkan diri saya, bahwa ini adalah tantangan. Dan saya harus mampu di bidang IT. Dan setelah masuk, saya baru menyadari, bahwa sepertinya saya bisa di jurusan ini. (sepertinya ya.. heheh) karena menurut sisi Optimis saya, sepertinya pengetahuan saya tentang IT jauh lebih unggul di bandingkan teman-teman lainnya, dan hari ini, saya semakin meyakinkan diri, bahwa saya harus bisa.
Hanya Allah yg tau, sejauh apa saya bisa unggul di bidang informatika. Saya hanya bisa berusaha dan berjuang, memperbaiki kekurangan saya dalam hal ketelitian. Dan memperkuat kelebihan saya dalam hal logika. Dan hal tersebut tidak menyurutkan cita-cita saya untuk menjadi seorang pengusaha. Saya akan tetap mempelajari ilmu ekonomi khususnya yg berkaitan dengan management, di sela-sela kesibukan saya sebagai mahasiswa teknik informatika.
Terus terang.. cita-cita dan mimpi saya sebenarnya ada begitu banyak di berbagai bidang, kisah, perjalanan, dan sejauh apa saya mengusai bidang itu, bisa di liat di link di bawah ini..
“beribu cita-cita.. beribu mimpi.. untuk di raih”

0 komentar:

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

untuk menggunakan emotion di bawah, silakan masukkan kode di samping emoltion.

Template by : kendhin x-template.blogspot.com