Jumat, Maret 09, 2012

Science Web : Sejarah, Perkembangan dan Tujuan

Kali ini saya akan membahas mengenai science web, di mulai dari sejarah, Generasi dan tujuan. Mungkin selama ini kita sering melakukan browsing di dunia maya, bertukar informasi melalui jejaring sosial, mencari informasi pelajaran/ materi dan banyak hal lainnya. Karena saat ini, internet serasa ada di genggaman kita. Hm.. langsung ke topik. Internet berkaitan erat dengan web, menurut wikipedia situs web merupakan sejumlah halaman web yang memiliki topik saling terkait, sedangkan halaman web sendiri merupakan suatu halaman yang di buat oleh seseorang untuk dilihat, dibaca dan di kunjungi. Situs web terkadang disertai pula dengan berkas-berkas gambar, video, atau jenis-jenis berkas lainnya. Sebuah situs web biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti internet, ataupun jaringan wilayah lokal (LAN) melalui alamat internet yang dikenali sebagai URL. Gabungan atas semua situs yang dapat diakses publik di internet disebut pula sebagai world Wide Web atau lebih dikenal dengan singkatan WWW Sebuah halaman web merupakan berkas yang ditulis sebagai berkas teks biasa (plain text) yang diatur dan dikombinasikan sedemikian rupa dengan instruksi-instruksi berbasis HTML, atau XHTML, kadang-kadang pula disisipi dengan sekelumit bahasa skrip. Berkas tersebut kemudian diterjemahkan oleh peramban web dan ditampilkan seperti layaknya sebuah halaman pada monitor komputer.
Halaman-halaman web tersebut diakses oleh pengguna melalui protokol komunikasi jaringan yang disebut sebagai HTTP, sebagai tambahan untuk meningkatkan aspek keamanan dan aspek privasi yang lebih baik, situs web dapat pula mengimplementasikan mekanisme pengaksesan melalui protokol HTTPS.

SEJARAH WEB
Penemu situs web adalah Sir Timothy John ¨Tim¨ Berners-Lee, sedangkan situs web yang tersambung dengan jaringan pertamakali muncul pada tahun 1991. Maksud dari Tim ketika merancang situs web adalah untuk memudahkan tukar menukar dan memperbarui informasi pada sesama peneliti di tempat ia bekerja. Pada tanggal 30 April 1993, CERN (tempat dimana Tim bekerja) mengumumkan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh publik. Perjalanan dibentuknya web hampir sama dengan perkembangan grafis komputer, yang di awali dengan halaman yang hanya di isi oleh text. Dan perlahan seiring berkembangnya waktu web di masa sekarang juga di lengkapi dengan gambar, animasi, bahkan video. Di katakan oleh beberapa sumber bahwa web di masa kelahirannya lebih cenderung pada penggunaan linux, dan masih jarang yang berbasis pada windows. Karena teknologi windows yang masih sederhana.

PERKEMBANGAN WEB
Web berkembang seiring dengan perkembangan waktu, dan pada bahasan kali ini saya sepsifikasikan berdasarkan perkembangan waktu.
1991 – 2000 : Awal mula terlahirnya internet dan perkembangannya.
World wide web pertama kali muncul pada tahun 1991-1993 hingga tahun 1998, layanan internet pada masa itu masih berkisar diantara static website yang saling dihubungkan dengan hyperlink. Umumnya website berformat “brosur online” – website yang menyampaikan informasi satu arah – umumnya berbentuk profile, portal berita, toko online, layanan email, dll. Web kala itu dihuni oleh website-website yang di desain menggunakan table dan flash. Hanya berbentuk satu arah dan tidak antarmuka pengguna seperti saat ini.

1998 : DotCom Bubble Burst,
Tahun 1998, Google berdiri dan internet menjadi semakin mudah untuk dijamah. di kala itu potensi website dengan format portal berita dan toko online (seperti amazon.com) di lirik besar-besaran oleh investor. Di US, dana jutaan dollar diinvestasikan untuk masuk ke bidang online yang sayangnya, tidak semua website dengan modal jutaan dollar tadi dapat menghasilkan. Pada pertengahan 2000, gelembungan dana (bubble) yang masuk ke internet pecah (burst) juga. Dana yang masuk tidak berputar kembali menjadi keuntungan.

2000 – Sekarang: Web 2.0
Banyak perusahaan online tumbang di masa DotCom Bubble burst, namun banyak juga yang bertahan. Google, Yahoo, Amazon dan eBay adalah beberapa diantaranya. Kehancuran selalu menyisakan pemain berkualitas yang bertahan. Dari keruntuhan DotCom Bubble burst tersebut, wajah world wide web perlahan mulai berubah.
Di tahun 2001, wikipedia di luncurkan. Apple mendirikan iTunes. Di tahun 2002, friendster di luncurkan. Perlahan, world wide web mulai di huni oleh website – website dengan karakteristik yang berbeda dengan website – website yang eksis sebelum dotcom bubble burst. Website website tersebut memiliki satu ciri mencolok bernama partisipasi sehingga pada tahun 2003, istilah web 2.0 muncul
Istilah web 2.0 tidak mengklasifikasikan world wide web berdasarkan teknologinya, namun berdasarkan karakter website tersetbut. Istilah web 2.0 juga memunculkan istilah web 1.0: Satu istilah untuk era sebelum web 2.0
Pada garis besarnya, web 2.0 berbicara mengenai partisipasi. hubungan komunikasi many-to-many. Jika pada era web 1.0 (era sebelum web 2.0, dari 1990 hingga 2001) pengguna internet dengan mudah membrowse internet, namun pengadaan konten di internet masih ‘dikuasai’ oleh para geek yang menguasai bahasa HTML untuk membuat halaman web. Komunikasi yang terjadi pun hanya satu arah: dari pemilik website ke pengunjungnya. Pada era web 2.0, pengadaan konten di internet tidak lagi dikuasai oleh geek. Website – website yang digolongkan ke dalam kategori web 2.0 (kita akan menuliskan lebih rinci tentang web 2.0 di tulisan selanjutnya) memfasilitasi pengguna internet biasa untuk menuliskan konten mereka sendiri: Website sharing foto seperti flickr, blog service seperti wordpress.com, blogger.com, video sharing seperti YouTube, dll. Komunikasi pun terjadi secara dua arah, dimana pengunjung web juga bisa memberikan informasi.
Karena terciptanya web 2.0 (meski beberapa pihak setuju bahwa istilan web 2.0 hanyalah buzzword marketing semata, Web 2.0 tiada ubahnya adalah web itu sendiri) beberapa pihak memandang masa depan internet sebagai web 3.0 atau semantic web. Jika web 1.0 berbicara mengenai komunikasi satu arah, web 2.0 berbicara mengenai partisipasi dan komunikasi 2 arah, web 3.0 diperkirakan akan berbicara mengenai semantic web: web ‘cerdas’ yang memahami kebutuhan user berdasarkan history aktifitasnya di internet.

TUJUAN
Sebuah situs web bisa berupa hasil kerja dari perorangan atau individu, atau menunjukkan kepemilikan dari suatu organisasi, perusahaan. biasanya pembahasan dalam sebuah situs web merujuk pada sebuah ataupun beberapa topik khusus, atau kepentingan tertentu. Sebuah situs web bisa berisi pranala yang menghubungkan ke situs web lain, demkian pula dengan situs web lainnya. Hal ini terkadang membuat perbedaan antara situs web yang dibuat oleh individu ataupun perseorangan dengan situs web yang dibuat oleh organisasi bisnis menjadi tidak begitu jelas.
Pada masa sekarang ini yaitu masa yang di kenal sebagai web 2.0, web memiliki peran penting yang cukup banyak. Yaitu sebagai media publikasi dan informasi, Media bisnis, media jejaring sosial, media hiburan (game), media pengumpulan pendapat dan media pembelajaran.
Tentu perannya sangatlah penting, karena dengan adanya web, mata kita menjadi semakin terbuka dengan dunia luar, dan membuat kita tau banyak hal yang terjadi di dunia ini. Karena saat ini dunia ada di genggaman kita melalui akses internet.
Luar biasa bukan..? oleh karena itu sudah selayaknya kita memanfaatkan internet semaksimal mungkin, dan mnejadikan web sebagai sarana bertukar informasi dan pengetahuan.


Sumber Internet:
http://bloggingly.com/era-perkembangan-internet-web-10-bubble-burst-web-20-web-30/
http://www.anneahira.com/sejarah-web.htm
http://id.wikipedia.org/wiki/Situs_web

Sumber Buku:
Web Hosting, Zafrial Afril, 2008

0 komentar:

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

untuk menggunakan emotion di bawah, silakan masukkan kode di samping emoltion.

Template by : kendhin x-template.blogspot.com