Jumat, Maret 09, 2012

Jenis-Jenis RAM

Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai jenis-jenis RAM (Random Acces Memory) yaitu memory eksternal yang merupakan ruang untuk menyimpan data intruksi/perintah dari prosesor dan bersifat sementara. Data atau intruksi hanya tersimpan pada saat PC sedang ON, Sedangkan ketika PC Off, secara otomatis, data atau intruksi akan hilang. Kapasitas RAM dapat di tingkatkan, sehingga besarnya akapasitas RAM akan mempengaruhi kcepatan atau performa suatu PC. Berikut jenis-jenis ram yang di urutkan berdasarkan kemampuan dan perkembangannya.

DRAM (Dynamic Random Acces Memory)
Merupakan jenis memory yang pada setiap interval waktu tertentu selalu memperbarui keabsahan informasi atau keabsahan isinya DRAM memiliki frekuensi kerja 40 MHz

FPM RAM (Fast Page Mode DRAM)
Merupakan memory yang bekerja seperti sebuah index atau daftar isi, ketika sistem membutuhkan isi suatu alamat memory FPM ram hanya mengambil informasi berdasarkan index yang telah di miliki FPM memungkinkan transfer data yang lebih cepat pada baris (row) yang sama dari jenis memory seebelumnya FPM bekerja hingga pada Frekuensi 60 MHZ

EDO RAM (Extend Data Output RAM)
EDO RAM merupakan memory penyempurnaan dari FPM Ram. Edo Ram dapat mempersingkat proses red cycle pada FPM RAM sehingga meningkatkan kinerjanya hingga 20% EDO bekerja pada Frekuensi hingga 75 MHZ, walaupun EDO RAM merupakan penyempurnaan dari FPM, namun kedunya tidak bisa di pasangkan secara bersamaan. Karena adanya perbedaan kemampuan.

SDRAM (Synchronous Random Acces Memory)
SDRAM merupakan memory yang bekerja pada kecepatan (frekuensi) yang sama dengan frekuensi yang ada pada prosesor, berbeda dengan memory sbelumnya yang membutuhkan tegangan kerja yang cukup tinggi, SDRAM hanya membutuhkan tegangan 3.3 volt. SDRAM bukanlah sebuah ekstensi dari seri EDO RAM yang lama, namun merupakan tipe baru dari DRAM. SDRAM sekarang ini dapat berjalan dengan kecepatan 133MHz (PC133), dan bahkan hingga 180MHz atau lebih tinggi.

DDR (Double Data Rate SDRAM)
DDR SDRAM merupakan merupakan memory yang dapat menjalankan dua intruksi secara bersamaan, jika pada SDRAM hanya melakukan intruksi pada gelombang positif, maka pada DDR SDRAM melakukan intruksi pada gelombang positif maupun negatif, DDR pada dasarnya memiliki kecepatan transfer dua kali lipat daripada SDRAM. DDR akan beroperasi di 333MHz, dengan pengoperasian sebenarnya 166MHz * 2 (PC333 / PC2700) atau 133MHz*2 (PC266 / PC2100). DDR RAM juga kompatibel dengan SDRAM secara fisik, namun menggunakan bus parallel yang sama, sehingga membuat implementasi lebih mudah dibandingkan RDRAM, yang merupakan teknologi berbeda.

0 komentar:

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

untuk menggunakan emotion di bawah, silakan masukkan kode di samping emoltion.

Template by : kendhin x-template.blogspot.com