Jumat, Maret 09, 2012

Cache Memory

Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai cache pada komputer. hmmm... mungkin selama ini yang paling banyak di ketahui oleh orang bahwa yang mempengaruhi akses atau kecepatan dari sebuah komputer adalah prosesor dan RAM. Namun di balik kedua unsur penting tersebut adalagi satu komponen yang di sebut dengan cache. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Cache memory adalah jenis memory yang berukuran kecil tetapi memiliki kecepatan sangat tinggi. Cache memory terletak pada IC (Integrated circuit) prosesor atau dekat prosesor. Cache memory di pergunakan sebagai tempat penyimpanan sementara intruksi dan data yang terakhir kali di pergunakan oleh CPU, hal ini akan szangat berguna untuk menghemat waktu dalam mengekses kembali intruksi dan data yang sudah di pergunakan oleh CPU. Sewaktu intruksi tersebut di baca dan ditulis pada memory salinan beserta addres pada memory akan di simpan pula pada cache, dengan demikian sewaktu data di perlukan maka prosesor akan membaca dari cache, dan tidak perlu mencari ke memory.
Proses ini akan sangat menghemat waktu ketika melakukan pengaksesan data, apabila pada cache memory penuh, maka akan secara otomatis akan ada data yang di hapus dan kemudian di ganti dengan data yang terakhir kali di pakai oleh prosesor.
Cache di bagi atas dua macam, yaitu L1 (level one) Cache dan L2 (level two) Cache, berikut penjelasan lebih lengkapnya.

1.1 L1 (Level One Cache)
L1 cahce atau first level cache atau disebut juga dengan primary cache merupakan memory yang pertama kali di akses ketika proses membutuhkan suatu data, memory ini berada pada posisi paling dekat dengan prosesor, lebih tepatnya dekat dengan blok CU (Control Unit). Memory ini memiliki kecepatan akses dalam hitungan nanodetik atau sepermilyar detik, dan yang ada dalam memory ini adalah data yang paling penting untuk di akses. Data yang berada pada memory ini biasanya adalah data yang sudah di atur oleh OS (Operating System, menjadi prioritas tertinggi.

1.2 L2 (Level Two Cache)

L2 cahce atau two level cache atau disebut juga dengan secondary cache mrupakan mrmory pada prioritas kedua yang memiliki kapasitas lebih besar di bandingan dengan L1, namun memiliki kecepatan yang lebih rendah di banding L1, L2 baru akan di akses ketika data yang di cari tidak di temukan pada L1, dan jika data yang di cari juga tidak ditemukan pada L2, maka prosesor akan melakukan pencarian pada memory.

0 komentar:

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

untuk menggunakan emotion di bawah, silakan masukkan kode di samping emoltion.

Template by : kendhin x-template.blogspot.com