Rabu, Mei 25, 2011

MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB SERTA PENGABDIAN

Tanggung jawab merupakan kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan yang disengaja maupun yang tidak di sengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajiban.
Tanggung jawab bersifat kodrati, artinya sudah menjadi bagian kehidupan manusia, bahwa setiap manusia pasti dibebani dengan tanggung jawab. Apabila ia tidak mau bertanggung jawab, maka ada pihak lain yang memaksa tanggung jawab itu. Dengan demikian tanggung jawab itu dapat dilihat dari dua sisi yaitu dari sisi yang berbuat dan dari sisi yang kepentingan pihak lain. Dari sisi si pembuat ia harus menyadari akibat perbuatannya itu dengan demikian ia sendiri pula yang harus memulihkan ke dalam keadaan baik. Dari sisi pihak lain apabila si pembuat tidak mau bertanggung jawab, pihak lain yang akan memulihkan baik dengan cara individual maupun dengan cara kemasyarakat.
tanggung jawab merupakan satu hal yang sudah pasti di miliki oleh setiap orang, dalam bentuk apa pun, siapa pun orangnya dari yang muda, sampai yang tua. Merupakan suatu penyakit besar ketika seseorang sudah tidak lagi merasakan tanggung jawabanya sebagai satu kewajiban yang harus terpenuhi. Karena bisa di pastikan kehidupan bermasyarakat akan kacau balau ketika tanggung jawab dari setiap individu tidak di jalankan dengan semestinya. Sehingga pada umumnya manusia ketika berusia dini atau masih kecil sudah di ajarkan mengenai tanggung jawab, misalnya saja seorang anak kecil yang merusak mainan temannya, setidaknya dia harus berusaha untuk memperbaiki atau menggantinya. Setidaknya ada persaaan bersalah di benaknya. Artinya anak kecil tadi sudah mulai merasakan tanggung jawab atas apa yang sudah ia perbuat, sehingga tanggung jawab yang di tanamkan sejak usia dini, sangatlah penting. Karena dengan begitu, ketika si anak sudah beranjak dewasa, sudah terbiasa dengan tanggung jwab dari mulai pekerjaannya sampai masalah kesalahan yang telah ia perbuat. Tentu setiap anak ketika duduk di bangku sekolah selalu di ajarkan mengenai tanggung jawab, salah satunya adalah tanggung jawab dalam menyelesaikajn PR, seorang guru selalu memberikan hukuman terhadap muridnya yang tidak mengerjakan PR, hal tersebut di lakukan untuk memupuk rasa tanggung jawab sehingga ketika membaur di tengah masyarakat, anak tersebut yang sudah beranjak dewasa bisa mengerti akan tanggung jawab dan menjalankannya sebagaimana mestinya.

Tanggung jawab bisa di implementasikan dalam banyak hal, tanggung jawab terhadap diri sendiri, tanggung jawab terhadap keluarga, tanggung jawab terhadap masyarakat dan tanggung jawab terhadap bangsa dan negara.

Tanggung jawab berhubungan pula dengan pengabdian, suatu pengabdian tak akan bisa lahir tanpa adanya tanggung jawab, karena pengabdiand apat di takar melalui tanggung jawab seseorang terhadap pilihannya atau terhadap apa yang telah ia ikrarkan. Secara bahasa atau pengertiannya pengabdiand apat di artikan sebagai perbuatan baik yang berupa pikiran, pendapat ataupun tenaga sebagai perwujudan kesetiaan, cinta, kasih sayang, hormat, atau satu ikatan dan semua itu dilakukan dengan ikhlas.

Sehingga pengabdian identik dengan satu individu terhadap satu organisasi tertentu seperti, perusahaan, bangsa atau negara.

0 komentar:

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

untuk menggunakan emotion di bawah, silakan masukkan kode di samping emoltion.

Template by : kendhin x-template.blogspot.com