Rabu, Mei 25, 2011

MANUSIA DAN KEGELISAHAN

Kegelisahan merupakan perasaan dalam diri manusia yang menyatakan ketidak tentraman, selalu merasa khawatir , tidak tenang, tidak sabar, cemas. Sehingga kegelisahan merupakan hal yang menggambarkan seseorang tidak tentram hari maupun perbuatannya, merasa khawatir, tidak tenang dalam tingkah lakunya tidak sabar ataupun dalam kecemasan.

Kegelisahan dalam diri manusia dapat timbul sewaktu – waktu tanpa atau dengan diharapkan kehadirannya. Banyak faktor yang yang mempengaruhi dan menimbulkan kegelisahan dalam diri manusia. Adanya rasa gelisah yang dirasakan dan dialami oleh manusia pada dasarnya disebabkan oleh manusianya itu sendiri karena semua manusia memiliki hati, perasaan dan pikiran.

Kegelisahan pada diri manusia biasanya sangat erat kaitannya dengan sebauh kata “Tanggung Jawab”. Baik secara individual, sosial maupun religius. Jika usaha yang telah kita lakukan untuk mempertanggung jawabkan mengalami kesulitan dan kendala, kegagalan atau tidak berhasil maka secara langsung otak kita akan terkoneksi dengan yang direspon “Kegagalan dan permasalahan”. Dengan kata lain terkoneksi dengan hati, perasaan dan pikiran. Baik disadari atau tidak disadari. Begitu pula jika yang telah dilakukan telah memcapai titik maksimum dan berhasil maka kita sendiri tidak luput dari permasalahan dan kegelisahan, sebagai conth kegelisahan untuk mempertahankannya dan sebaginya.

Begitu banyak orang yang dalam hidupnya merasakan kegelisahan, akan tanggung jawab dan hal yang lainnya. Biasanya seseorang gelisah akan masa depan, terhadap sesuatu yang nanti akan terjadi, sehingga membuat hatinya tidak tenang yang di sebut dengan gelisah. Pada dasarnya kegelisahan itu hadir karena rasa tidak percaya diri dan takut akan satu hal, sehingga timbul persaaan was-was dan takut yang membuat kita memikirkan hal tersebut, pada dasarnya orang yang memiliki percaya diri tinggi akan jarang mengalami gelisah, karena ia selalu yakin akan apa yang ia lakukan dan atas segala sesuatu yang ada di sekitarnya. Sehingga kegelisahan dalam diri manusia bisa terobati dengan meningkatkan rasa percaya diri, karena umumnya kegelisahan berdampak buruk bagi seseorang, dengan hadirnya kegelisahan di dalam diri, tentu seseorang akan menjadi kurang konsentrasi, terlalu memikirkan hal yang ia khawatirkan, sehingga kinerjanya pada waktu tertentu akan terganggu, tentu hal tersebut merugikan, sebagaimana yang sudah di sampaikan sebelumnya, bahwa kegelisahan akan bisa di tanggulangi dengan meningikatkan rasa percaya diri, dengan demikian kita akan semakin yakin dengan apa yang telah kita lakukan dan persaaan kita akan jauh dari rasa khawatir dan gelisah.

0 komentar:

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

untuk menggunakan emotion di bawah, silakan masukkan kode di samping emoltion.

Template by : kendhin x-template.blogspot.com