Sabtu, November 09, 2013

Freelancing


FREELANCE kata yang diambil dari Bahasa Inggris memiliki arti pekerja lepas. Istilah freelance ini diperkenalkan pertama kali oleh Sir Walter Scott. Seseorang yang disebut dengan pekerja lepas ialah orang yang melakukan suatu pekerjaan namun tidak terikat secara resmi.
Bidang yang umumnya diminati dan digeluti oleh para freelancer antara lain menjadi jurnalisme, penerbit buku, novel, jurnal atau bentuk-bentuk karya penulisan lainnya, programmer, analis, desainer baik itu dalam hal desain grafis, desain interior dan karya desain lainnya, konsultan, penerjemah, forografer dan pekerjaan-pekerjaan lainnya, yang pada umumnya tidak harus bekerja di perkantoran.
Praktek kerja para freelancer ini sangat bermacam-macam. Perjanjian kerja mereka dengan atasan ataupun klien nya pun bermacam-macam, mulai dari yang hanya berdasarkan perjanjian lisan bahkan sampai dengan perjanjian kontrak tertulis. Untuk masalah gaji atau pembayaran para freelancer ini pun juga bermacam-macam, mulai dari tarif per hari, per jam, per bulan, bahkan per hasil kerja yang bisa mereka selesaikan saat itu juga.

Saat ini bisnis berbasis freelancing ini mulai banyak menarik perhatian masyarakat, terutama para kaum muda. Yang sebagian besar alasan dari mereka ini adalah untuk mendapatkan uang namun tidak mengganggu waktu sekolah ataupun kuliah mereka. Bahkan saat ini di zaman teknologi yang sudah berkembang dengan pesat ini, para freelancer muda tersebut pun mulai merambah ke dunia maya (internet).
Mereka lebih menyukai bekerja sebagai freelancer melalui dunia maya, dengan cara menjual hasil karya mereka sendiri ataupun sebagai distributor berbagai macam merek barang maupun hasil karya orang lain. Contoh dari kegiatan freelancing online ini adalah online shop yang saat ini merebah melalui berbagai website, situs sosial media dan sebagainya. Dan tidak sedikit dari mereka para freelancer yang melakukan freelancing melalui dunia maya yang mendapatkan hasil (rupiah) yang memuaskan.

Berikut ini langkah-langkah sederhana untuk mencoba sebagai freelancer online :
·         Menemukan waktu untuk dapat bekerja online
·         Memilih bidang yang anda minati dan kuasai
·         Bergabung dengan situs-situs freelance online
·         Membuat profil diri yang semenarik mungkin
·         Menambahkan nilai tambah (Spesial) dari profil diri
·         Berburu pekerjaan, mulai melakukan promosi, iklan, investasi, dsb
·         Menambah pendapatan anda, dengan cara memperluas promosi, iklan dan menambah tenaga kerja

Sumber referensi :
·         http://xgpm.wordpress.com/

0 komentar:

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

untuk menggunakan emotion di bawah, silakan masukkan kode di samping emoltion.

Template by : kendhin x-template.blogspot.com