Selasa, November 13, 2012

MEMASUKKAN BACKGORUND ATAU GAMBAR PADA VISUAL PROLOG

Untuk memasukkan gambar kedalam form visual prolog, pertama-tama  buka propertis, kemudian pilih tab event, dan cari paintResponder, lalu aktifkan menjadi OnPaint, maka secara otomatis akan tampil source code sebagai berikut

predicates
    onPaint : drawWindow::paintResponder.
clauses
    onPaint(_Source,_RectangleGDI).

Selanjutnya lakukan modifikasi menjadi coding berikut..

predicates
    onPaint : drawWindow::paintResponder.
clauses
    onPaint(_Source,_RectangleGDI):-
    GDI:clear(color_white),
    if isErroneous(mem_pic),
        Dir= directory::getCurrentDirectory(),
        FileName=string::concat(Dir,"\\ular.bmp"),
        file::existFile(FileName) then
            try
                mem_pic:=vpi::pictLoad(fileName(FileName),1024,550,0x0020)
            catch _ do
                succeed()
            end try
    end if,
    if not(isErroneous(mem_pic)) then
        GDI:pictdraw(mem_pic,pnt(0,0),rop_SrcCopy)
    end if.  


Selanjutnya aktifkan variabel mem_pic pada bagian facts

facts
mem_pic:picture:=erroneous.

Untuk memasukkan gambar, buat gambar dengan format bmp dan disimpan ke folder EXE pada project kita.. ingat.. folder EXE, kemudian ganti ular.bmp menjadi nama gambar yang kita buat.

        FileName=string::concat(Dir,"\\ular.bmp")            %ganti ular bmp

Pada contoh diatas menggunakan bmp, agar gambar background lebih bagus, karena jika menggunakan jpg  resolusinya kurang baik.

Selanjutnya untuk menentukan ukuran, edit statement berikut

                mem_pic:=vpi::pictLoad(fileName(FileName),1024,550,0x0020)

1024 merupakan panjang, dan 550 lebarnya, jadi sesuaikan dengan gambar yang kita miliki. 0x0020 sepertinya skla pixel, tidak perlu dirubah


Tips selanjutnya.. jika kita ingin membuat background yang sesuai dan sangat pas dengan program yang kita buat.. caranya ialah.. jalankan program yang kita buat, kemudian printscreen, dan dicopy ke aplikasi desain grafis layout seperti adobe illustrator, atau coreldraw..


Pada contoh diatas saya menggunakan coreldraw, dan printscreen sudah dicopy ke lembar kerja coreldraw, kemudian dibuat gambar yang sesuai dengan ukuran printscreen aplikasi, gambar sesuai dengan keinginan kita, untuk project yang saya buat, hingga hasilnya seperti ini.



Hasil di atas sudah sesuai dengan ukuran layar, untuk merubahnya menjadi file bmp, di corel draw

tekan ctrl+E pada keyboard, kemudian ada pilihan file save type, kita pilih bmp.

SELESAI.. maka gambar bisa kita masukkan ke visual prolog, untuk menyesuaikan tampilannya, edit pada coding  mem_pic:=vpi::pictLoad(fileName(FileName),1024,550,0x0020)

Panjang dan lebarnya sesuaikan dengan kebutuhan.


untuk melihat semua materi mengenai visual prolog, bisa dilihat disini..


0 komentar:

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

untuk menggunakan emotion di bawah, silakan masukkan kode di samping emoltion.

Template by : kendhin x-template.blogspot.com