Untuk memasukkan gambar kedalam form visual prolog,
pertama-tama buka propertis, kemudian
pilih tab event, dan cari paintResponder, lalu aktifkan menjadi OnPaint, maka
secara otomatis akan tampil source code sebagai berikut
predicates
onPaint : drawWindow::paintResponder.
clauses
onPaint(_Source,_Rectangle, GDI).
onPaint : drawWindow::paintResponder.
clauses
onPaint(_Source,_Rectangle, GDI).
Selanjutnya lakukan modifikasi menjadi coding berikut..
predicates
onPaint : drawWindow::paintResponder.
clauses
onPaint(_Source,_Rectangle, GDI):-
GDI:clear(color_white),
if isErroneous(mem_pic),
Dir= directory::getCurrentDirectory(),
FileName=string::concat(Dir,"\\ular.bmp"),
file::existFile(FileName) then
try
mem_pic:=vpi::pictLoad(fileName(FileName),1024,550,0x0020)
catch _ do
succeed()
end try
end if,
if not(isErroneous(mem_pic)) then
GDI:pictdraw(mem_pic,pnt(0,0),rop_SrcCopy)
end if.
onPaint : drawWindow::paintResponder.
clauses
onPaint(_Source,_Rectangle, GDI):-
GDI:clear(color_white),
if isErroneous(mem_pic),
Dir= directory::getCurrentDirectory(),
FileName=string::concat(Dir,"\\ular.bmp"),
file::existFile(FileName) then
try
mem_pic:=vpi::pictLoad(fileName(FileName),1024,550,0x0020)
catch _ do
succeed()
end try
end if,
if not(isErroneous(mem_pic)) then
GDI:pictdraw(mem_pic,pnt(0,0),rop_SrcCopy)
end if.
Selanjutnya aktifkan variabel mem_pic pada bagian facts
facts
mem_pic:picture:=erroneous.
mem_pic:picture:=erroneous.
Untuk memasukkan gambar, buat gambar dengan format bmp
dan disimpan ke folder EXE pada project kita.. ingat.. folder EXE, kemudian
ganti ular.bmp menjadi nama gambar yang kita buat.
FileName=string::concat(Dir,"\\ular.bmp"), %ganti ular bmp
Pada contoh diatas menggunakan bmp, agar gambar
background lebih bagus, karena jika menggunakan jpg resolusinya kurang baik.
Selanjutnya untuk menentukan ukuran, edit statement
berikut
mem_pic:=vpi::pictLoad(fileName(FileName),1024,550,0x0020)
1024 merupakan panjang, dan 550 lebarnya, jadi sesuaikan
dengan gambar yang kita miliki. 0x0020 sepertinya skla pixel, tidak perlu
dirubah
Tips selanjutnya.. jika kita ingin membuat background
yang sesuai dan sangat pas dengan program yang kita buat.. caranya ialah..
jalankan program yang kita buat, kemudian printscreen, dan dicopy ke aplikasi
desain grafis layout seperti adobe illustrator, atau coreldraw..
Pada
contoh diatas saya menggunakan coreldraw, dan printscreen sudah dicopy ke
lembar kerja coreldraw, kemudian dibuat gambar yang sesuai dengan ukuran
printscreen aplikasi, gambar sesuai dengan keinginan kita, untuk project yang
saya buat, hingga hasilnya seperti ini.
Hasil
di atas sudah sesuai dengan ukuran layar, untuk merubahnya menjadi file bmp, di
corel draw
tekan ctrl+E pada keyboard, kemudian ada
pilihan file save type, kita pilih bmp.
SELESAI..
maka gambar bisa kita masukkan ke visual prolog, untuk menyesuaikan tampilannya,
edit pada coding mem_pic:=vpi::pictLoad(fileName(FileName),1024,550,0x0020)
Panjang dan lebarnya sesuaikan dengan kebutuhan.
untuk melihat semua materi mengenai visual prolog, bisa dilihat disini..
0 komentar:
Posting Komentar
untuk menggunakan emotion di bawah, silakan masukkan kode di samping emoltion.