Kamis, Agustus 09, 2012

I'tikaf 10 MALAM TERAKHIR | malam lailatul qadr

ITIKAF..
Hmmm.. berbagai pengalaman sedikit soal itikaf, itikaf mungkin sering di denger dan erat kaitannya sama malam lailatul qodr. Itikaf secara bahasa artinya berdiam diri di dalam masjid. Dan secara syariah artinya berdiam diri di masjid di 10 malam terakhir pada bulan ramadhan, dan Alhamdulillah ramadhan ini bisa ketemu lagi sama 10 malam terakhir,  dan insya allah ini menjadi itikaf yang ke 3 seumur hidup gw.. siap-siap packing ni buat 10 malam terakhir bertapa di masjid Hehehe.. mungkin banyak juga temen2 yang nanya, emang nggak bosen 10 hari 10 malam nginep di masjid ngapain aja..? IM# aja promo iklannya Cuma 3 hari 3 malem.. wkwkwkw.. ya awalnya juga mikir gitu, tapi ternyata setelah dijalanin, justru saat-saat ini yang paling di tunggu-tunggu. Buat gw ini merupakan satu-satunya aktifitas yang bisa nenangin pikiran gw setelah kurang lebih 1 tahun berguman dengan carut-marut dunia. 1 tahun kerja, kuliah banyak pikiran dan kemaksiatan berlalu begitu aja, dan 10 malam terakhir ramadhan ini menjadi satu-satunya moment untuk menenangkan pikiran dari carut-marut dunia, meminta pengampunan atas dosa yang selama ini kita perbuat, mencari pahala sebanyak mungkin untuk bekal di akhirat. Pahala 1000 bulan atau 83 tahun, siapa yang nggak mau hayooo..???.
Gw pribadi ngerasa bersyukur masih diberikan nafas 1 tahun terakhir ini, bisa menikmati berbagai aktifitas dan manisnya dunia, masa sih gw nggak rela luangin waktu 10 hari untuk beribadah dan mengabdikan 10 hari hanya untuk Allah SWT. Dan 10 hari itu kurang dari 3 persen dari nikmat 367 hari yang Allah kasih buat kita dalam setahun, dan memang nggak semua orang bisa melaksanakan ibadah yang satu ini, karena masih banyak yang kerja dan menjalankan aktifitasnya. Dan nggak semua orang bisa dapet cuti di 10 malam terakhir, kalau gw pribadi, andaikan cuti 10 hari harus di tukar sama 1 bulan gaji, insya allah gw rela, dan kalau harus di tukar sama 2 bulan gaji..? Mungkin gw nego sama bos minta 1 bulan aja.. wkwkw.. tapi kan gw bosnya, jadi suka-suka gw.. hehehe..
Pada dasarnya itikaf itu nggak membosankan, terutama kalau kita melaksanakannya di masjid-masjid besar, karena banyak aktifitas disana, gw sendiri itikafnya di masjid Al-Azhar jakapermai, Kalimalang, samping kampus tercinta gundar. Disana kegiatannya padat, dari mulai ceramah dari berbagai ustad jempolan, shalat berjamaan dan tadarus yang dipimpin imam-imam yang hafidz Al-qur’an, sampai begadang untuk ibadah berharap salah satu dari 10 malam itu adalah malam lailatul qadr. Insya Allah yang baca artikel ini bisa sedikit terinspirasi, syukur2 bisa ikut itikaf juga, kalau belum terbiasa ya.. nggak harus 10 hari, datang aja dulu di malam2 ganjil, nanti tahun2 yang akan datang insya allah kalau sanggup dan ada kesempatan bisa 10 hari.


https://www.facebook.com/irfansyahs




tags : Itikaf | I'tikaf | 10 malam terakhir | lailatul qadr | malam 1000 bulan

0 komentar:

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

untuk menggunakan emotion di bawah, silakan masukkan kode di samping emoltion.

Template by : kendhin x-template.blogspot.com