Sabtu, April 07, 2012

e-learning meningkatkan kualitas dunia pendidikan

Pada pembahasan kali ini. Saya akan membahas menganai peran e-learning dalam meningkatkan kualitas dunia pendidikan. E-learning atau elektornik learning adalah pembelajaran yang dilaksanakan dengan memanfaatkan fungsi internet dalam kegiatan pembelajaran dengan menjadikan fasilitas elektronik sebagai media pembelajaran. Dengan adanya e-learning, pelajar bisa mendapatkan akses informasi secara cepat, melalui media internet. Sehingga banyak hal yang bisa di dapatkan melalui e-learning, dari mulai materi pembelajaran, berbagai sumber yang mendukung, serta pemanfaatanya dalam pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran dengan e-learning pembelajaran tersebut membutuhkan infrastruktur tersendiri yang mendukung terutama adalah koneksi internet. Sehingga e-learning tidak dapat dipisahkan dari penggunaan internet dalam pembelajaran. Romi Satria Wahono mengemukaan bahwa Infrastruktur e-Learning: dapat berupa personal computer (PC), jaringan komputer, internet dan perlengkapan multimedia. Selain fasilitas tersebut di atas juga dibutuhkan peralatan teleconference jika ingin melakukan pembelajaran jarak jauh dengan tatap muka melalui teleconfrence.

Sistem dan Aplikasi E-learning Ilmu pendidikan: Sistem perangkat lunak e-learning adalah sistem yang mem-virtualisasi proses belajar mengajar konvensional. Virtualisasi ini seperti Bagaimana manajemen kelas, pembuatan materi atau konten, forum diskusi, Group Diskusi, sistem penilaian, sistem ujian online dan beberapa fitur yang berkaitan dengan manajemen belajar seperti penyetoran tugas dan akses tentang informasi tugas yangditerima termasuk nilai yang diperoleh.

Konten E-learning Ilmu pendidikan: Konten dan bahan ajar yang ada pada E-learning Ilmu pendidikan adalah system yang menyediakan manajemen sistem yang memuat Konten dan bahan ajar dalam bentuk Multimedia-based Content (konten berbentuk multimedia interaktif) atau Text-based Content (konten berbentuk teks seperti pada buku pelajaran biasa), yang tersimpan dalam arcives web.

Dari rangkaian pembahasan di atas, dapat dikatakan juga e-learning adalah pembelajaran secara digital, baik terkoneksi melalui internet atau pun tidak, banyak manfaat yang bisa kita dapatkan melalui e-learning, diantaranya.

- Akses informasi pembelajaran bisa lebih cepat dan dilakukan dimana saja, asalkan ada perangkat elektronik yang mendukung.

- Materi pembelajaran yang banyak bisa di akses hanya melalui satu keping CD ataupun media website.

- Jumlah pelajar yang mengikuti pembelajaran dapat menampung sangat banyak orang, karena bisa di akses tanpa mengenal batasan ruang.

- Materi pelajaran dapat diketengahkan dengan kualitas yang lebih standar dibandingkan kelas konvensional yang tergantung pada kondisi dari pengajar.

Tentu hal-hal yang di sebutkan di atas membuat kualitas pendidikan menjadi semakin baik. Adanya teknologi yang terus maju dan berkembang, harus dimanfaatkan dengan sangat baik, terutama di dunia pendidikan, dan e-learning merupakan satu cara untuk mencapai kualitas yang lebih baik. Karena pada dasarnya ilmu pengetahuan itu didapatkan dari akses informasi yang terbatas. Pengetahuan yang di miliki seseorang bergantung dari berapa banyak ilmu yang ia baca, ilmu yang ia lihat, ilmu yang ia dengan dan komunikasi yang ia lakukan terhadap sumber ilmu. Hal ini hanya bisa di dapat secara luas dan tidak terbatas melalui fasilitas internet. Dan cepat atau lambat, e-learning akan menjadi bagian yang melekat pada pembelajaran dan pengajaran.


sumber:

internet :

http://elearningpendidikan.com/e-learning-ilmu-pendidikan.html

http://wikipedia.org


buku :

peran internet dalam berbagai bidang.

0 komentar:

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

untuk menggunakan emotion di bawah, silakan masukkan kode di samping emoltion.

Template by : kendhin x-template.blogspot.com