Jumat, Januari 21, 2011

program calculator konversi bilangan menggunakan GUI java.

Sebelum download... mampir sejenak di blog saya.. hihihi...
hanya sekedar naikin rating.

dan yang mau langsung download, bisa di download program calculator.exe di sini..
PROGRAM CALCULATOR KONVERSI BILANGAN


dan yang mau download program JAVA GUI saya yg sebelumnya, ada di sini
PROGRAM HITUNG GAJI BERSIH




HISTORY.... About Calculator-irfansyah@copyright2011

Hmmm…

If (now==ngoding) {now2=ngopi;

}else if (now==pusing){now2=tidur;}

Hihihi.. gimana..??? sudah di download kah program GUI java saya..??? what do u think…???

Seperti itulah sebuah program sederhana yang di kerjakan di sela2 waktu luang, di tengah2 waktu ujian akhir semester. Karena saya bosen ngeliat lembar demi lembar kertas yang anak gundar biasanya nyebut ESTHER. (padahal nama tempat potokopiannya). Akhirnya saya mengisi waktu luang dengan membuat program. Numpung lagi nggak ada job motret, (di manfaatkan waktu sebaik mungkin). Akhirnya saya ngoding semaleman dan bermalam-malam.. dan terselesaikan juga sebuah program yang cukup rumit, yaitu program konversi bilangan dari Desimal-biner-oktal-hexal. Ada 4 objek perubahan, dan menghasilkan 12 konversi bilangan, 4 penghitungan logika. And, or, xor, dan not. Serta penghitungan matematika standar kali, bagi, tambah, kurang. (X , /, + , -) mungkin sederhana, tapi kalau berhubungan sama pengkonversian Desimal-biner-oktal-hexal. Dan bisa di jalankan di 4 jenis bilangan ini, kira2 seribet apa ya…??? Cukup menantang lah..

Bagi saya program ini cukup rumit, awalnya sekedar iseng search di google, program konversi bilangan. Tapi nggak ada 1 pun yang membantu. Karena umumnya konversi yang tersedia di package java adalah decimal-biner, decimal-oktal, decimal-hexal. (contoh :integer.toBinaryString()) Dan selebihnya nggak tersedia di java(sepertinya). Akhirnya saya membuat satu persatu konversinya pake nalar dan menghasilkan 12 method yang berisi masing-masing konversi dari bilangan satu ke yang lainnya. Meskipun rumit dan cukup memusingkan, akhirnya terselesaikan juga dalam waktu 1 minggu, 4 hari untuk membuat konversinya dan baru di jalankan di cmd. Dan 3 hari di gunakan untuk konversi ke GUI. Dan listing dari program calculator ini,kurang lebih mencapai 45 halaman A4 standar ms word (bisa jadi PI ni.. hiihihihi). Terdiri dari 6 class, 14 method, dan 100an kondisi. Karena bikin GUI dari tombol 1 ke yang lainnya pasti memerlukan kondisi. Cukup memuaskan lah, sebagai program GUI ke-2 yang saya buat. Meskipun hasilnya nggak sebagus calculator programmer di windows 7. Hihihi..

Bagus ni program kalau di bentuk calculator saku sederhana. Trus di pake jawab pertanyaan pas UTS. Cepat-singkat dan padat. Mesti minta bantuan sam anak elektro.

Semoga cerita saya ini bisa memotivasi kawan2 sekalian yang tertarik sama java. Dan berniat mengHATAMkannya. Jadi kita bisa share sama-sama.. okray…!!!!!

Untuk java mobile-nya segera menyusul. Abangnya lagi bertapa dulu.. nyari ilmu lagi. Hihihih..




4 komentar:

Anonim mengatakan...

bang bisa bantuin gak? aku dikasih tugas kuliah enkripsi dekripsi.. suruh nemuin algoritma nya terus dibuat code pake java.
ini contohnya :
inputan : KMC3PF09VNW
otputnya : F089EC56C3218A32094D9C9A

kalo inputnya : KMC081005FB02
otputnya apa bang????

Anonim mengatakan...

setelah d download gak bisa d buka gan

Anonim mengatakan...

gan tolong bantuannya. bisa kirimkan aplikasi konventer biner ke desimal dan hex tapi yang belum di .exe pake netbeans.
tolog ya gan.. kirim ke sini ya gan.
choderi@ymail.com

Unknown mengatakan...

gan tolong bantuannya. bisa kirimkan aplikasi konventer biner ke desimal dan hex tapi yang belum di .exe pake netbeans.
tolog ya gan.. kirim ke sini ya gan.
yusufjakngalam@gmail.com ;;) ;0

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

untuk menggunakan emotion di bawah, silakan masukkan kode di samping emoltion.

Template by : kendhin x-template.blogspot.com